Program pemberdayaan komunitas di desa Dadapan

PROGRAM PEMBERDAYAAN KOMUNITAS DI DESA DADAPAN


A. Pendahuluan 
Desa Dadapan merupakan desa wisata yang ada di kecamatan Sedan Kabupaten Rembang. Penelitian atau learning tour yang dilaksanakan siswa kelas 12 IPS SMA Negeri 1 Pamotan bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada kami untuk lebih memahami dalam tentang kondisi sosial yang ada di dalam lingkungan desa dadapan,dan potensi desa dadapan. Kemudian pada kegiatan ini siswa yang turut serta dalam perjalanan penelitian desa Dadapan diwajibkan membuat laporan perjalanan secara lengkap dan pengalaman kegiatan. 
B. Tujuan
Penelitian ini bertujuan untuk:
1.Untuk mengetahui pemberdayaan  komunitas  di Desa Dadapan. 
2.Untuk mengetahui kondisi Komunitas Petani maupun perkebunan di Desa Dadapan. 
3.untuk melatih siswa bagaimana cara bertani dan menanam buah alpukat dengan baik dan benar. 
C. Waktu Pelaksanaan 
Dilaksanakan pada Selasa,31 Januari 2023. Tujuan lokasi adalah Di sendang dan disawah desa Dadapan Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang.
D. Rincian Biaya
Biaya yang harus dipersiapkan siswa sebesar Rp. 20.000 Sumber dana ini berasal dari biaya mandiri  tiap siswa.Biaya tersebut digunakan untuk transportasi sebesar Rp.300.000.
E. Isi Laporan Perjalanan
Rombongan siswa SMA Negeri 1 Pamotan mengadakan kegiatan penelitian dan learning tour dengan tema pemberdayaan Komunitas tani di desa Dadapan. Dilaksanakan pada 31 Januari 2023.Kami menumpangi Bus mini Rombongan berangkat jam 8.00WIB dan memerlukan waktu tempuh 30 menit. Waktu tiba disana kami turun didepan pondok Pondok Roudlotun Nasyi’in Ashshiddqiyyah yang biasa dikenal oleh 
masyarakat sekitar dengan sebutan 
pondok RN ASA. kami lalu menempuh perjalanan dengan berjalan kaki menuju ke sendang desa Dadapan, waktu ditempuh sekitar 10 menit. setelah sampainya disana kami dikumpulkan dan penyambutan dari kepala desa kemudian sambutan dari kepala desa, lalu sambutan kepala sekolah kemudian materi dari guru mapel lalu informasi dari fasilitator dan penyerahan bibit secara simbolis dari siswa kepihak desa. waktu itu kami juga diberikan prosedur acara kegiatannya oleh fasilitator desa Dadapan. kemudian serah naskah oleh kepala sekolah SMA Negeri 1 Pamotan kepada kepala desa Dadapan, selain itu juga dilaksanakan penyerahan bibit  kepada kepala desa yang diserahkan oleh perwakilan siswa dari SMA Negeri 1 Pamotan. Setelah itu semua siswa  mengumpulkan barang yang sudah disiapkan ke depan, barangya mencakup bambu sigar, pupuk,cangkul dan kresek/plastik. Kemudian kami mengambil benih yang sudah disediakan dari pihak desa lalu menanam buah alpukat sesuai dengan kelompok kami masing-masing. Saat menanam alpukat kami didampingi pemuda (pengurus) dan diberitahu cara menanam alpukat yang baik dan benar. pertama kami membuat lubang berbentuk lingkaran kemudian diberikan pupuk setelah itu menanam buah alpukatnya, setelah selesai menanam kami membuat tanda dari bambu dan plastik kresek. setelah selesai kami diberikan wedang uwuh/serai dan juga air mineral dari desa. Kemudian kegiatan selanjutnya adalah makan bersama sekitar 20 menit. Lalu kegiatan berikutnya kami melakukan wawancara dengan komunitas yang mencakup:
 1.potensi yang dimiliki dan bagaimana keadaan desa Dadapan
Keadaan di desa dadapan sangat Asri karena lingkungan alamnya pegunungan dan sawah-sawahan ada Sendang yang dipakai untuk mandi atau cuci muka perempuan bisa lebih cantik pemandangan juga termasuk salah satu potensi yang sangat bagus,lingkungannya ditanami buah sangat bagus dan potensial airnya juga sangat mendukung dan juga fasilitas jalan bagus. 
 Potensi yang ada di desa dadapan ada dua  antara lain sebagai berikut 
a. fisik
-berupa tanah, tanah di di desa dadapan sangat subur dan akhirnya dimanfaatkan masyarakat untuk pertanian berladang dan sebagainya
-air,air di desa dadapan juga sangat mendukung sangat melimpah
-iklim, iklim di desa Dadapan sangat sejuk. 
b. non-fisik
potensi non-fisik ada 2 antara lain dari:
-  masyarakat
Masyarakat mayoritas petani karena memang tanah yang subur jadi dimanfaatkan untuk bercocok tanam
-aparatur desa
Untuk aparatur desa sangat mendukung program pertanian
2. Strategi apa yang dilakukan untuk mengembangkan program unggulan dari desa dadapan tersebut
• langkah yang dilakukan untuk agrowisata yaitu perencanaan membuat rancangan atau skema terlebih dahulu untuk membuat suatu wisata Membuat konsep dulu karena konsepnya agrowisata jadi Rencananya akan membuat green house tujuannya adalah rumah untuk pembibitan, membuat rumah pupuk tujuannya setelah bibit sudah ada kita membuat tempat buku dengan memproduksi sendiri,selain itu juga menjadi wisata edukasi untuk mengetahui cara penanaman dan cara pembibitan seperti apa dan juga Menjual buah jika sudah berbuah dan juga bibitnya. 
3. Langkah-langkah dalam melakukan program
a. kesadaran semua masyarakat
Maksudnya adalah sadar dengan lingkungan dan paham dengan apa yang kita tujuh maka akan peka dengan lingkungan sendiri khususnya adalah lingkungan masyarakat kalau mau dibuat program unggulan maka masyarakat harus tahu terlebih dahulu Apa yang harus dilakukan oleh masyarakat
b. Mensosialisasikan kepada masyarakat
Tujuannya untuk menyadarkan masyarakat dengan adanya program unggulan tersebut tidak hanya dari komunitas yang melangkah sendiri tapi juga didorong dari dan dibantu semua warga atau masyarakat untuk menjadi ayupan atau langkah yang satu dan bersama-sama. 
c. koordinasi dengan pemerintah Desa
pengajuan laporan kedesa
d. mengeksekusi program unggulan
setelah diterima laporannya dan mendapat anggaran langsung di eksekusi program unggulan tersebut
4. Strategi yang dilakukan pemerintah Desa setelah mengetahui potensi desa dadapan
a. melestarikan lingkungan
b. untuk mempertahankan keberadaan oksigen 
c. ekonomi yaitu dipilih untuk membuat agrowisata dengan tidak merusak alam dan juga untuk mencukupi kebutuhan anggaran  warga
5. Problem saat pemberdayaan 
saat ini tidak ada kendala sama sekali hanya saja hanya membutuhkan waktu lebih banyak

Penutup
F. Simpulan
Setelah melakukan perjalanan Penelitin pemberdayaan komunitas tani desa Dadapan maka Kami merasa bahwa perjalanan ini sangat mengesankan. Berkesempatan untuk melihat beragam potensi dan keindahan yang ada di Dadapan. Dengan demikian semakin bertambah kekaguman Kami karena tinggal di Indonesia. 
B. Saran
Kami berharap perjalanan ini bisa dilakukan secara rutin setiap tahun dengan tujuan dan tema yang berbeda-beda. Sehingga kesan yang Kami terima semakin beragam untuk menambah pengalaman.
                                     
foto kegiatan












Postingan populer dari blog ini

PENGARUH WISATA PANTAI KARANGJAHE DALAM PERUBAHAN SOSIAL DESA PUNJULHARO

Mengenal berbagai macam rempah-rempah